Edukatif dan Entertaining: Rekomendasi Channel Youtube

Kamu capek karena menunggu mama dan nenek kamu selesai menonton Uttaran, sementara kamu ingin tahu kelanjutan cerita Anak Jalanan? Atau, kamu ingin duduk manis makan keripik singkong sambil menonton Elif Season 3? Tukang Haji Naik Bubur? Asisten Rumah Tangga? Ah, basi! ūüėõ Coba sisakan kuota internetmu (atau setidaknya menumpang WiFi di warung kopi sebelah) untuk mengintip situs yang didirikan oleh tiga mantan karyawan Paypal pada tahun 2005. Apa itu? YOUTUBE.¬†Pasti kamu sudah sangat familiar dengan situs tersebut. Nggak hanya musik, berbagai genre video bisa kamu cari disana. Kali ini saya ingin merekomendasikan beberapa channel Youtube yang sekiranya mendidik dan menghibur. Intip, gan!
1. engVid

Channel ini cocok banget untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Channel engVid di Youtube sebenarnya dibagi menjadi beberapa sub channel sesuai dengan Teacher-nya. Ada sebelas pengajar dengan lebih dari 1000 materi pelajaran. Mau belajar vocabulary, speaking, grammar, IELTS, semua ada disana.

engvid

English Lessons with Alex

Nah.. Alex ini pengajar favorit saya. Semua pengajar di engVid memiliki pronunciation yang cukup jelas, jadi untuk kita yang non native speaker dapat menerima materi dengan mudah.  Oh iya, pengajar favorit saya masih ada tiga lagi, yaitu; Benjamin yang ganteng, Ronnie yang super gaul, dan Jade yang memiliki aksen British banget. Untuk versi lebih lengkapnya, silakan cek engVid.

2. TED

TED Talks

TED Talks

TED (Technology, Entertainment, and Design) atau TED Talks merupakan podcast video yang berdurasi 18 menit atau lebih. TED menyediakan topik diskusi mengenai Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, Seni, serta isu-isu global. Menariknya, ia juga memiliki subtitel yang sesuai dengan bahasa ibu kita. Apakah Indonesia ada? Ada, untuk beberapa video tertentu. Untuk versi lebih lengkapnya, silakan cek TED.

3. TED Ed

TED ed

TED Ed

TED Ed ini masih saudara dengan TED Talks. Perbedaannya adalah TED Ed menampilkan video dengan animasi. Video-videonya lebih kepada penjelasan What, Why, and How mengenai kejadian di kehidupan sehari-hari secara saintifik. TED Ed merupakan kolaborasi antara edukator dengan animator yang telah dipilih melalui website. Untuk versi lebih lengkapnya, silakan cek TED Ed.

4. Sci Show

Sci Show

Sci Show

Serupa dengan TED Ed, Sci Show menampilkan video tentang Science melalui animasi (meski tidak semua video berupa animasi). Sci Show diperbaharui setiap hari dengan topik yang berbeda dan biasanya dipandu oleh seorang laki-laki berkacamata bernama Hank Green. Ah, seandainya kuliah di kelas dengan metode seperti ini. Heuheu.

5. Kok Bisa?

Kok Bisa

Kok Bisa?

Nah.. Yang ini karya anak bangsa, hasil pemikiran canggih dari tiga anak UI, yaitu Ketut Yoga Yudistira, Gerald Bastian, dan Alvin Dwi Saputra.¬†Uhuy! Kalau telingamu alergi dengan bahasa Inggris, boleh lah kamu cek channel Youtube yang satu ini. Animasinya simpel, tapi keren. Videonya berisi tentang jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ‘misteri’ yang selama ini terlihat sepele dan nggak penting. Oh iya, kalau ingin tahu lanjut mengenai latar belakang ide ini, silakan cek disini.

6. Malesbanget

malesbanget

Malesbanget

Malesbanget! Bukan berarti saya malesbanget merekomendasikan channel ini ya. Memang namanya begitu. Sejujurnya saya pun jarang menonton video disini, tapi demi memenuhi unsur menghibur, jadi..baiklah. Heuheu. Berisi video hal-hal kekinian dan anak muda banget. Cocok lah kalau kamu sedang tidak ingin banyak berpikir. As a human mankind, kita harus bisa menyaring apa pun informasi dari tontonan kita yak! Untuk versi lebih lengkapnya, silakan cek Malesbanget.

7. Indie Lokal

Indie Lokal

Indie Lokal

Kenapa saya merekomendasikan Indie Lokal ya? Sungguh, ini sangat subjektif. Heuheu. Indie Lokal merupakan¬†kumpulan lagu dari penyanyi/grup/band indie yang bermacam-macam. Kenapa saya merekomendasikan? Hmm. Kenapa ya? Sekali lagi, ini sangat subjektif. Saya lebih suka lagu-lagu yang liriknya puitis dan ‘berisi’. Asa syahdu banget lah kalau didengar. Cukup dengan kata kunci; senja, hujan, pelangi, matahari/mentari, dan rindu, maka kamu sudah punya bekal untuk melamun di bawah hujan.¬†Ah, silakan nilai sendiri aja deh. Ini soal selera. Uhuy!

Semoga bermanfaat ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s