Tip Agar Masa Kuliah Tidak Sia-sia

2012-09-02 08.48.53

Mahasiswa Baru (dok. pribadi)

Menjadi mahasiswa pasti merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak yang baru lulus SMA. Ada banyak siswa kelas 12 yang sudah nggak sabar untuk berganti status menjadi mahasiswa. Kamu juga kan? Saya dulu juga gitu. Yang pertama terpikirkan adalah nggak perlu lagi memakai seragam. Bebas mau pakai baju apa aja ke kampus, asal sopan. Eh tapi tahu nggak kalau tanggung jawab seorang mahasiswa lebih berat daripada seorang siswa? Yes. Peran mahasiswa yang sering disebut-sebut ada tiga adalah Agent of Change, Social Control, dan Iron Stock. Saya nggak akan bahas itu. Agar lebih memahami, coba ingat lagi tentang sejarah Indonesia di tahun 1998, bagaimana runtuhnya sang diktator pada masa itu. Nah.. Sayang nggak sih rasanya kalau masa kuliah cuma dihabiskan untuk hal-hal yang itu-itu aja? I mean, akan lebih baik jika peran mahasiswa yang sesungguhnya benar-benar dijalani.

Terkhusus mahasiswa baru alias MaBa, saya ingin memberikan tip agar menjadi mahasiswa yang sukses dan cerah masa depannya (mudah-mudahan). Mungkin terdengar klise, tapi ini sungguhan. I do care about you, anak muda

1. Find your passion

Kalau kamu kuliah semata-mata hanya untuk memenuhi idealisme orang-orang, lebih baik kamu minum susu, terus bobo. Pikir ulang deh. Jangan asal pilih jurusan dan mentang-mentang quotanya banyak. Pilih jurusan kuliah dari hati. Kalau ditentang orang tua, mungkin bisa didiskusikan dengan hati lembut dan diberi pengertian lagi. Mumpung masih di awal. Ya kan? Kenapa sih? Karena passion akan menentukan masa depanmu seperti apa. Rancang tujuan-tujuan pasca kampus akan seperti apa, kerja atau lanjut S2.

2. Do what you love and love what you do

Terlanjur salah jurusan? Nggak papa, merasa salah jurusan adalah hal biasa. Kalau nggak bisa berusaha mencintai, lakukan saja apa yang kamu cintai. Lampiaskan pada hobi yang positif. Syukur-syukur kalau terpacu untuk cepat lulus karena merasa nggak betah di kampus.

3. Ikut organisasi

Ngapain sih ikut organisasi? Kan tugas kuliah juga udah banyak. Halo! Loha! Kenapa? Karena manfaatnya banyak banget. Koneksi semakin luas, public speaking semakin oke, memperbanyak teman, terbiasa berurusan dengan banyak orang, lebih dekat dengan petinggi-petinggi kampus, dan masih banyak lagi. Kalau dapat gebetan, itu sih bonus. Minimal banget, ikutlah himpunan mahasiswa jurusan atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Mengikuti organisasi akan mempermudah di dunia kerja nanti. Saya nggak menganggap IPK nggak penting, tapi IPK 3.00 sudah cukup untuk melamar kerja kalau kamu punya banyak pengalaman organisasi. Kalau melamar anak orang sih beda lagi ceritanya.

4. Ikut aksi atau demo

Hmm. Gimana ya? Terserah sih kamu menganut ideologi yang mana. Dulu saya cukup tersinggung karena perkataan seseorang yang mengatakan bahwa kebanyakan mahasiswa eksakta cenderung apatis. Meski tersinggung, dalam hati mengiyakan. Idealnya mahasiswa adalah kritis, bukan apatis. Perjuangkan apa yang harus diperjuangkan. Kan katanya agent of change tuh.. Eeeh tapi jangan ikut aksi karena biar eksis aja. Apalagi karena nasi box. Biar kata anak kost, kudu tetap elegan.

5. Ikut lomba atau kompetisi

Yang ini sih biasa banget. Hidupmu akan lebih bermakna kalau punya prestasi selama kuliah. Ada yang bisa dikenang, ada yang malah jadi dapat uang. Hehe. Lumayan.

6. Menjadi asisten dosen atau asisten praktikum

Pe-nga-la-man. Atas nama pengalaman, kamu nggak boleh berdiam diri. Membantu dosen menyampaikan materi ke adik tingkatan merupakan suatu perwujudan sebaik-baik manusia yang bermanfaat. Selain itu, menjadi asisten dosen atau asisten praktikum bisa menambah penghasilan (kalau digaji) dan menambah kolom pengalaman di Curriculum Vitae (CV). Kapan lagi bisa mengajar dedek-dedek emesh?

7. Jualan/Bisnis

Mesti banget? Nggak sih. Maksud saya disini adalah cari uang tambahan. Bukan masalah uang, tapi pengalamannya. Siapa tau setelah jadi sarjana susah dapat kerja (#eh), terus memilih untuk menjadi entrepreneur? Nggak perlu yang butuh modal banyak. Jual pulsa, jual jajanan, dan jual kado wisuda juga sudah cukup. Kalau mau yang lebih, kamu bisa mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kewirausahaan atau Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang didanai oleh Dikti.

8. Magang/Part Time/Freelance

Lagi-lagi soal pengalaman. Penting banget sih kalau kamu memang berniat bekerja setelah lulus nanti. Kebanyakan perusahaan nggak menerima fresh graduate tanpa pengalaman. Judulnya aja fresh graduate, tetap aja pengalaman sebelumnya menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Nah.. Kamu bisa magang di perusahaan semasa libur semester, part time mengajar les, atau freelance sebagai copywriter. Untuk magang, saya rekomendasikan kamu untuk mengecek website Glints dan Student Job. Poin 5-8 bisa juga dikelompokkan ke dalam cara-cara untuk menghasilkan uang tambahan bagi mahasiswa.

9. Improve your English

Adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) membuat persaingan kerja semakin ketat. Dalam hal ini, bahasa internasional yaitu bahasa Inggris menjadikan ia sebuah keharusan. Kamu mau apply kerja atau apply beasiswa S2 pasti ada syarat kemampuan bahasa Inggris. Minimal TOEFL lah ya. Kalau nggak ada budget untuk ikut les, bisa belajar ngomong bahasa Inggris dengan teman kampus atau teman kost. Cuek aja kalau dibilang sok, namanya juga belajar.


Gimana? Terlihat muluk, ya, tipnya? Intinya, perbanyak pengalaman di masa kuliah. Bukankah lebih baik kita menyesal atas apa yang kita lakukan daripada menyesal atas apa yang tidak kita lakukan? Sungguh, saya nggak bermaksud untuk menggurui apalagi menghakimi. Once again, I do care about you. Saya belajar dari pengalaman yang lalu. Saya ingin kamu, yang masih muda, menjadi mahasiswa yang ‘tau diri’. Masa depan bangsa ini juga ada di tangan kamu. Jadi… Selamat merancang masa depan!

(ADF)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s