Ulasan Singkat: Aku Radio bagi Mamaku

Judul Buku: Aku Radio Bagi Mamaku
Penulis: Abinaya Ghina Jamela
Tahun terbit: 2018
Jumlah halaman: v+93 hal.

“Kami tidak berjalan di trotoar karena semua toko-toko di sepanjang jalan itu sudah mencurinya.”

Alinka adalah seorang murid Untuk Pemula, sebutan kelas satu sekolah dasar di sekolah Terbaik Sunopa, yang mengaku dirinya jahil dan pemberani. Meskipun jahil, ia adalah anak yang lebih menyukai pergi ke perpustakaan saat jam istirahat dibandingkan dengan bermain bersama teman-teman yang sering mengganggunya. Di kota bernama Sunopa itu, ia tinggal bersama mama, papa, dan kakaknya.

Aku Radio Bagi Mamaku adalah buku kedua dari penulis yang akrab dipanggil Naya tersebut. Buku ini berisi kumpulan cerita dari sudut pandang seorang anak-anak. Naya, penulis cilik kelahiran 2009 ini memiliki ide-ide cerita yang cukup tak biasa jika dibandingkan dengan anak seusianya. Gaya berceritanya sederhana, tetapi seringkali mengandung kritikan halus terhadap orang-orang dewasa. Contohnya seperti orangtua yang selalu merasa benar, trotoar yang kini lebih banyak dipakai untuk pedagang kaki lima, kebiasaan membuang sampah sembarangan dan melanggar lalu lintas, serta kritik halus lainnya akan muncul jika kita cermati baik-baik.

Buku pertama Naya yang berupa kumpulan puisi berjudul Resep Membuat Jagad Raya telah masuk ke dalam longlist Kusala Sastra Khatulistiwa dan menjadi buku puisi terfavorit 2017 versi Goodreads. Di usianya yang masih sangat belia, ia sudah membaca buku-buku karya Pramoedya Ananta Toer, Jostein Gardner, John Steinback, beberapa buku ensiklopedia, mitologi mesir, dan lain-lain.

Sebagai orang dewasa yang membaca buku ini, saya diajak kembali mengingat masa kecil yang penuh dengan pertanyaan sederhana. Melalui pemilihan diksi yang begitu baik, saya terkenang oleh kebahagian-kebahagian kecil, juga kekesalan-kekesalan yang hanya berlalu begitu saja.

*Catatan: Ulasan singkat ini pada awalnya pertama kali diunggah di Instagram @minggucerdas, kemudian diunggah ulang di sini dengan sedikit perubahan.

Tinggalkan komentar